Pengertian, Macam-Macam, dan Pengaruh Gaya Beserta Contohnya

Pengertian, Macam-Macam, dan Pengaruh Gaya Beserta Contohnya-hallo teman-teman aku akan mengasih tau kekalian Pengertian, Macam-Macam, dan Pengaruh Gaya Beserta Contohnya. Dengan blog ini kalian bisa mengetahui sedikit pelajaran yg disebut pelajaran IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika tapi khusus hari ini aku akan mempelajari tentang ipa yaitu Pengertian, Macam-Macam, dan Pengaruh Gaya Beserta Contohnya. Oke sekarang langsung ke pembahasan jangan lupa simak di bawah ini !

Pengertian Gaya

Gaya adalah suatu tarikan atau dorongan yg dapat mempengaruhi suatu benda. Pernahkah kamu mendorong mobil mainan? tentunya kamu pernah melihat tukang bakso yang sedang mendorong gerobak baksonya. Kamu mungkin pernah melihat seorang tukang bangunan sedang menarik gerobak bawaanya. Perhatikan gambar dibah ini !

Mobil mainan yang tadinya dia diam , kemudian talinya ditarik oleh seorang anak, maka mobil itu bergerak dan berpindah tempat. Gerobak bakso, berpindah tempat setelah didorong oleh tukang bakso. Kegiatan yang dilakukan oleh anak tersebut dan tukang bakso adalah menarik dan mendorong benda.

Macam-Macam Gaya

Oke sekarang kita bahas tentang Macam-Macam Gaya tetapi Macam-Macam Gaya yang saya ketahui cuman ada 5 dan kita sepertinya membahas cuman 3 Macam-Macam Gaya

1.Gaya gravitasi

Gaya gravitasi adalah gaya tarik menarik yang terjadi antara partikel yg mempunyai masa di alam semesta. Adanya gaya gravitasi bumi mempecepat gerak jatuh benda, gaya gravitasi bumi bersifat menarik benda bawah. Gaya gravitasi bumi menyebabkan semua yang ada di bumi mempunyai berat yang disebut berat benda, berat tersebut menyebabkan semua yang ada di bumi tetap tertahan. 

Tanpa gaya gravitasi bumi, segala benda di bumi akan berterbangan saling bertabrakan, hal tersebut terntunya akan menimbulkan kekacauan. Kita hendaknya bersyukur bahwasanya tuhan telah menciptakan gaya gravitasi sehingga kita mengalami proses kehidupan yang harmonis dengan lingkungan alam kita. 

Besarnya gaya gravitasi bumi terhadap suatu benda tergantung pada jarak benda tersebut dari pusat bumi,semakin jauh suatu benda dari pusat bumi semakin berkurang tarikan gravitasinya. Oleh karena itu berat kita akan sedikit berkuarang di  tempat yang tiggi, dan sebaliknya semakin dekat dengan pusat bumi, gaya gravitasinya semakin besar.

2. Gaya gesek

Gaya gesek adalah gaya hambatan yang terjadi ketika 2 permukaan benda saling bersentuhan.  Dalam kehidupan sehari hari banyak peristiwa yang berhubungan dengan gaya gesek, misal saat kita bersepeda  untuk menghentikan laju sepeda kita perlu menarik remnya. Gaya gesek juga terjadi

antara ban sepeda denngan jalan, kecepatan sepeda menjadi berkurang dan akhirnya berhenti, pada sepeda yang di rem terjadi gesekan antara karet rem  dengan roda sehingga sepeda dapat berhenti. Besar kecilnya gaya gesek tergantung pada permukaan benda yang saling bergesekan, semakin kasar

permukaan benda yang bergesekan dan semakin keras keduanya saling menekan  semakin besar gaya geseknya. Sebalikanya semakin licin atau halus permukaan benda yang bergesekan gaya gesek yang terjadi juga semakin kecil, hal ini menyebabkan gerak benda di permukaan yang licin lebih cepat dan teratur dibandingkan dengan gerak benda dia atas permukaaan.

3. Gaya magnet

Magnet berasal dari bantuan yang mengandung logam besi. Magnet disebut juga dengan besi berani karena magnet merupakan logam yang dapat menarik logam tertentu.Berikut ini ada sifat sifat, jenis jenis, cara membuat dan kegunaan magnet.

a. Sifat sifat magnet

  • Magnet menarik benda benda tertentu-Benda yang menerima gaya magnet dikatakan bersifat magnetis sedangkan benda benda yang menolak gaya magnet disebut non magnetis, berdasarkan sifatnya benda digolongkan menjadi 3 jenis yaitu Feromagnetik (Sifat Kemagnetan Kuat), Paramagnetik (Sifat kemagnetan lemah), Diamagnetik (Tidak memiliki sifat)
  • Kekuatan gaya magnet-Gaya magnet mampu menembus penghalang, setiap magnet dikelilingi oleh Medan magnet, medan magnet merupakan daerah tertentu disekitar magnet yang dipengaruhi  oleh gaya tarik  magnet, medan magnet tidak dapat diamati dengan indra mata kita.
  • Magnet mempunyai 2 kutub-magnet mempunyai 2 kutub yaitu kutub utara(north) dan kutub selatan(shouth), jika kutub utara dengan kutub utara atau kutub selatan dengan kutub selatan akan saling tlak menolak dan juga sebaliknya jika kutub utara dengan kutub selatan atau kutub selatan akan saling tarik menarik.
b. Jenis jenis magnet
Magnet dibedakn menjadi 2 yaitu magnet alam dan magnet buatan, magnet alam terjadi secara alami misalnya magnet bumi. Magnet buatan merupakan magnet yang sengaja yang dibuat oleh manusia untuk keperluan tertentu, magnet buatan  dapat dibuat dari bahan besi atau baja, ada beberapa bentuk magnet buatan misalnya magnet batang, magnet tabung, magnet jarum, dan ada yang berbentuk ladam (tapal kuda),seperti gambar dibawah ini !


c. Membuat magnet
magnet yg sering digunakan sekarang ini adalah magnet buatan, bahan bahan yang dapat dijadikan magnet buatan antara lain besi, baja, dan campuran kedua bahan magnet. Besi lebih mudah dibuat menjadi magnet dibandingkan dengan baja, akan tetapi kemagnetan besi lebih cepat hilang dari pada magnet dari bahan baja. Magnet dapat dibuat dengan cara Induksi, Gosokan, dan Aliran listrik(elektromagnet), mari kita simak cara cara pembuatan magnet di bawah ini.

A. CARA INDUKSI
Cara induksi merupakan cara pembuatan magnet mendekatkan magnet dengan benda magnetis yang akan dijadikan magnet.

B. CARA GOSOKAN 
Benda dari besi atau baja yang di gosok-gosokan pada sebuah magnet dapat menyebabkan benda dari besi atau baja tersebut bersifat seperti magnet

C. CARA ALIRAN LISTRIK (ELEKTROMAGNET)
Membuat magnet (elektromagnet) mempunyai kekuatan lebih besar dengan menmbah jumblah baterai dan menambah jumblah lilitan

 cara menghilangkan kemagnetan suatu benda antara lain sebagai berikut!

  1. dipanaskan
  2. dipukul-pukul atau diketuk ketuk
  3. diputus aliran listriknya

d. Kegunaan magnet 
Pada kehidupan sehari hari, magnet banyak di gunakan pada berbagi macam alat beberapa macam alat yang menggunakan magnet antara lain sebagai berikut!


  • pengunci kotak pensil atau lemari es
  • ujung gunting untuk memudahkan mengambil jarum jahit
  • ujung obeng untuk memudahkan mengambil dan memasang sekrup
  • dinamo sepeda dan generator untuk membangkitkan tenaga listrik
  • papan catur agar buah catur tidak mudah jatuh dan terguling
  • untuk menempelkan hiasan pada mobil dan lemari es 
  • speaker(pengeras suara) untuk mengubah getaran listrik menjadi getaran suara
  • magnet dimanfaatkan pada kereta tercepat maglev tanpa roda
Terima kasih karena sudah membuka blog ini, semoga blog ini bermanfaat kepada kalian khusu kelas 5, cuman ini saja yang bisa aku jelasin.

Comments

Popular posts from this blog

Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Bentuk Persen Dan Sebaliknya